Hadirkan Pelayanan Publik Citizen Centric melalui Forum Konsultasi Publik
Maros, (16/10) – Pelayanan publik merupakan cerminan dari komitmen pemerintah dalam memberikan pelayanan yang transparan, akuntabel, dan partisipatif kepada masyarakat. Dalam rangka meningkatkan kualitas layanan tersebut, satuan kerja (satker) lingkup Pusat Perakitan dan Modernisasi Pertanian Tanaman Pangan (BRMP Tanaman Pangan), Kementerian Pertanian menyelenggarakan Forum Konsultasi Publik (FKP) sebagai wadah interaktif antara penyelenggara dan pengguna layanan pada Kamis, 16 Oktober 2025.
FKP dibuka langsung oleh Kepala BRMP Tanaman Pangan, Haris Syahbuddin. Ia menekankan pentingnya kegiatan tersebut untuk mewujudkan pelayanan publik yang lebih relevan, responsif, dan efisien dengan mempertimbangkan kebutuhan, kepentingan, dan pengalaman masyarakat atau citizen centric.
“Forum Konsultasi Publik ini selain sebagai sarana berinteraksi dua arah, diharapkan juga merupakan bentuk partisipasi demokratis dalam mendorong prinsip citizen centric. Jadi kepentingan masyarakat menjadi sesuatu yang harus kita tempatkan pada tempat yang paling tinggi dibandingkan kebutuhan instansi ataupun golongan,” ujar Haris.
Melalui forum yang diselenggarakan serentak di lima lokasi satker via zoom tersebut diharapkan mampu meningkatkan mutu layanan. Secara umum masing satker meliputi BRMP Tanaman Pangan, BRMP Padi, BRMP Aneka Kacang, BRMP Serealia, BRMP Aneka Umbi memaparkan Rancangan Standar Pelayanan Publik (RSPP). RSPP setidaknya memuat beberapa unsur berikut.
Penyampaian Pelayanan (Service Delivery)
- PersyaratanSistem, Mekanisme, dan Prosedur
- Jangka Waktu Pelayanan
- Biaya/Tarif
- Produk Pelayanan
- Penanganan Pengaduan,
- Saran dan Masukan/ Apresiasi
Pengelolaan Pelayanan (Manufacturing)
- Dasar Hukum
- Sarana dan Prasarana dan/atau Fasilitas
- Kompetensi Pelaksana
- Pengawasan Internal
- Jumlah Pelaksana
- Jaminan Pelayanan
- Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan
- Evaluasi Kinerja Pelaksana
Setelah masing-masing satker menyampaikan RSPP, kemudian peserta forum diberikan kesempatan untuk memberikan pertanyaan ataupun masukan, saran, dan kritik terhadap Standar Pelayanan Publik yang telah disusun. Peserta forum yang hadir merupakan keterwakilan dari enam golongan antara lain a) penyedia layanan, b) pengguna layanan, c) stakeholder pelayanan publik, d) ahli/praktisi, e) organisasi masyarakat sipil, dan f) media massa.
Melalui kegiatan ini, diharapkan seluruh satker lingkup BRMP Tanaman Pangan dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik secara berkelanjutan, membangun kepercayaan masyarakat, dan mendukung kemajuan sektor pertanian nasional.
Hadir pada pelaksanaan FKP secara luring yang berlangsung di BRMP Serealia antara lain Kepala BRMP Serealia–Amin Nur, perwakilan Dinas Pertanian dan Ketahan Pangan Maros, perwakilan SMK N 1 Maros, perwakilan TK Oryza Sativa, pengelola layanan lingkup BRMP Serealia, serta kelompok tani mitra.
Terima kasih telah membaca artikel kami. Kami ingin mengajak Anda untuk terus menjelajahi dan memperdalam pengetahuan Anda. Temukan berita terbaru dan artikel bermanfaat dengan mengklik tautan berikut “Klik di sini”.
Jurnalis: PPL UIN Alauddin Makassar 2025
Editor: Muchammad Fatchur Rizza